anjanitrips@gmail.com

Daftar Destinasi Wisata Kepulauan Derawan yang Memukau

Derawan Tour. Bicara keindahan alam Indonesia memang tak ada habisnya. Negeri ini dianugerahi ratusan gunung menjulang tinggi, lautan terhampar luas, dan lahan yang begitu subur. Tak heran jika destinasi wisata alam Indonesia begitu melimpah, mungkin kamu membutuhkan waktu puluhan tahun untuk menjelajahi semua keindahan yang disuguhkan bumi nusantara.

Mengingat banyaknya wisata yang bisa dieksplor, maka kali ini hanya akan dibahas salah satu dari surga Indonesia, yakni pulau Derawan secara lengkap. Pulai ini memang tak seterkenal Bali, namun keindahan yang ditawarkan tak kalah dari pulau Dewata. Kamu penasaran seperti apa Pulau Derawan? Baca sampai tuntas informasi berikut ini.

Sekilas Mengenal Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan  terletak di Berau, Kalimantan Timur. Sekumpulan 31 pulau ini memiliki luas 1,3 hektar dan berada di tengah laut. Secara topografi, pulau ini berbentuk datar, sehingga kamu dapat menempuh perjalanan ke Derawan dengan mudah. Pada tahun 2007, pulau ini telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, karena pesona alamnya yang indah. Belum banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang melakukan trip ke Derawan, sehingga kebersihannya masih benar-benar terjaga.

 

Destinasi Wisata yang Ditawarkan Kepulauan Derawan

Tak ada yang dapat meragukan keindahan kepulauan Derawan. Sebagai bukti, tempat ini pernah dikunjungi acara trip terkenal yang ada di Indonesia, yakni My Trip My Adventure.  Ada banyak destinasi wisata yang akan kamu nikmati ketika memutuskan untuk melakukan tour Derawan, diantaranya:

 

  1. Labuan Cermin

Apakah kamu pecinta snorkeling? Jika iya, maka  Derawan Labuan Cermin adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Danau yang memiliki kedalaman 4-5 meter ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan pasir di bagian dasarnya dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, Labuan Cermin terkenal dengan sebutan ‘Danau Dua Rasa’, karena terdiri dari air asin pada bagian atas dan air tawar di bagian dasar. Jadi, ketika snorkeling di sini, kamu dapat melihat ikan laut sekaligus ikan tawar.

 

Menuju Labuan Cermin kamu harus menyewa kapal dari dermaga dengan membayar Rp 200.000 untuk pulang-pergi. Akan lebih murah jika kamu melakukan tour bersama rombongan. Jangan lupa membawa alat snorkeling sendiri atau menyewa di toko yang ada di dermaga penyeberangan. Namun bagi kamu yang hanya ingin berenang, di sini juga tersedia ban dan perahu yang memiliki kaca transparan di bawahnya.

 

  1. Whale Shark

Selanjutnya, bagi kamu yang ingin memicu adrenalin bisa mendatangi destinasi Whale Sahrk Derawan. Di sini, kamu bisa berenang bersama whale shark atau paus hiu dengan panjang 97 meter dari jarak yang sangat dekat, bahkan menyentuh siripnya. Kamu tak perlu khawatir, karena ikan ini tak berbahaya bagi manusia. Biasanya whales shark akan berlalu lalang saat jam 03.00-08.00. Pada umumnya, wisatawan menjadikan spot ini sebagai fotografi ataupun mengabadikan momen pribadi. Namun yang perlu diingat, kamu harus selalu mematuhi dive master yang memandu kamu, karena bagaimanapun ikan ini adalah hewan liar yang memiliki insting bertahan hidup. Apa kamu berani coba?

 

  1. Maratua

Destinasi Derawan Tour lainnya adalah pulau Maratua. Bagi kamu yang hendak honeymoon bersama pasangan, maka pulau ini adalah rekomendasi terbaik. Ada banyak aktivitas menyenangkan dan romantis yang bisa kamu lakukan di sini, diantaranya renang bersama ikan-ikan kecil, snorkeling, diving di Gua Haji, berfoto ria di jembatan Teluk Pea, atau bersepeda mengelilingi Maratua.

 

  1. Kakaban

Spot wisata yang juga harus kamu datangi saat melakukan travel Derawan adalah pulau Kakaban. Di sini, kamu bisa berenang sambil melihat lucunya jutaan ubur-ubur berwarna putih transparan dan oranye kecokelatan yang ada di danau Kakaban seluas 774 hektare. Ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi saat berenang di danau Kakaban, diantaranya dilarang melompat langsung ke danau, tidak boleh menggunakan kaki katak, karena dapat membunuh ubur-ubur, dan dilarang menggunakan sunblock karena berpotensi mencemari air danau.

 

  1. Sangalaki

Kepulauan Derawan memang surganya pulau indah, salah satunya juga pulau Sangalaki ini. Seperti halnya di beberapa pulau Derawan lain, kamu bisa melakukan snorkeling untuk melihat berbagai hewan laut langka, diantaranya Manta Alfredi, barracuda, ikan pari, cumi-cumi raksasa, dan bintang laut. Selain itu, Pulau Sangalaki juga sebagai tempat konservasi penyu, sehingga kamu bisa melihat beberapa penyu dari seluruh dunia yang terancam punah, seperti penyu sisik dan penyu hijau.

 

  1. Manimbora

Pulau satu ini mungkin masih asing di telingamu, namun keindahan pantai Manimbora sangat sayang untuk dilewatkan. Pantai ini di kelilingi dengan jajaran pohon kelapa menjulang tinggi layaknya pemandangan di kartun Spongebob. Kamu akan merasakan relaksasi dipantai ini karena suasananya yang tenang dan meneduhkan sembari melihat bangau putih. Selain itu, kamu juga bisa menelusuri kisah misteri yang ada di pulau ini, yakni misteri tumpukan tulang belulang manusia dan papan seperti nisan.

  1. Goa Mulut Besar

Tak hanya wisata bahari, saat melakukan tour Derawan kamu juga bisa mengunjungi gua mulut besar. Goa yang juga disebut dengan goa kelelawar ini memiliki diameter mulut setinggi 10 meter dan lebar 20 meter. Di sini, kamu bisa berwisata sambil belajar jenis-jenis batu alam cantik yang berumur ribuan tahun.

 

  1. Air Terjun Jenum

Bagi kamu yang suka menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa merasakan sensasi luar biasa di air terjun Jenum yang terletak di tengah hutan. Di sini kamu bisa berenang di bawah air terjun atau berburu foto keren.

 

  1. Gusungan Sanggalau

Jika kamu ingin merasakan sensasi unik pulau tanpa pepohonan, maka datanglah ke pulau Gusungan Sanggalau. Pulau ini berbentuk memanjang dan tidak terlalu besar, sehingga kamu akan merasa seperti di pulau milik pribadi. Di sini kamu dapat berenang ataupun bermain bola di pasir putih.

 

  1. Mangrove Derawan

Ada banyak spot hutan Mangrove di pulau Derawan. Kamu dapat melihatnya saat dalam perjalanan. Hijau dan sejuknya udara yang dihasilkan mangrove dapat membuatmu lebih segar. Sebaiknya, kamu mengunjungi hutan mangrove saat matahari hampir terbenam, karena keindahannya akan membuatmu terpesona.

 

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat melakukan tour Derawan. Namun hal yang perlu kamu perhatikan juga adalah menentukan agensi yang dapat membantu perjalananmu. Mengapa agensi penting? Karena dengan bantuan agen perjalanan kamu dapat merencanakan secara matang liburan kamu.

 

Ada banyak agensi yang menyediakan paket wisata Derawan, salah satunya Anjanitrip.com. Anjanitrip.com merupakan agen perjalanan terpercaya dan sudah berpengalaman sejak lama. Kami menawarkan paket liburan Derawan dengan sangat lengkap. Jika kamu ingin bergabung dengan traveller lain, maka bisa memilih open trip. Sedangkan bagi kamu yang sedang mencari paket honeymoon Derawan bisa menggunakan private trip. Dari sini, biaya ke Derawan dapat kamu ketahui dengan jelas, karena agen akan mengcover semua kebutuhanmu. Selamat menikmati perjalanan wisata baharimu di kepulauan Derawan. Wonderful Indonesia!

 

anjanitrip

View All Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi via WhatsApp