anjanitrips@gmail.com

Wae Rebo, Desa Kecil di Tanah Flores dengan Sejuta Keindahan

Keindahan Indonesia tak perlu diragukan lagi. Gugusan pulau-pulau yang mengelilingi wilayah perairannya menyimpan begitu banyak kekayaan sumber daya alam. Begitu pula dengan deretan pegunungan yang membentang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dari ujung barat hingga ujung timur wilayah Indonesia, beragam keindahan alam itu sungguh nyata wujudnya. Hampir setiap pulau yang ada di Indonesia pun memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya yakni di kepulauan Nusa Tenggara khususnya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), di mana terdapat surga tersembunyi yang kerap disebut desa di atas awan.

Tepatnya adalah sebuah desa kecil dan terpencil di wilayah Flores, Provinsi NTT. Desa tersebut bernama Wae Rebo. Berada di wilayah pegunungan, Desa Wae Rebo berdiri pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hal itu pun membuat desa tersebut dinobatkan sebagai desa tertinggi di Indonesia. Dengan beragam keindahan itulah Desa Wae Rebo pantas untuk dijadikan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda tuju.

Ragam Wisata yang Bisa Anda Lakukan di Desa Wae Rebo

Melakukan perjalanan wisata ke Wae Rebo bisa menjadi alternatif agenda liburan yang menyenangkan. Anda bisa mengajak pasangan, teman, ataupun keluarga untuk berkunjung ke sana. Tak perlu bingung juga untuk memikirkan bagaimana cara agar bisa menuju ke Wae Rebo. Sebab, kini sudah banyak paket wisata ke Wae Rebo yang disediakan oleh para layanan jasa pariwisata. Anda hanya perlu menentukan paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan ke sana, sebaiknya ketahui dulu ragam destinasi wisata yang ada di Wae Rebo.

  1. Wisata Alam

Keindahan alam yang ada di Desa Wae Rebo tentunya menjadi keunggulan dari destinasi wisata ini. Berada di ketinggian dan dikelilingi oleh wilayah pegunungan membuat mata Anda tak mampu berkedip. Hijaunya pegunungan dan sejuknya udara di Wae Rebo mampu membuat pikiran Anda fresh. Terlebih jika pagi hari datang, Anda bisa melihat kabut tipis turun menyelimuti rumah-rumah yang ada di Desa Wae Rebo. Kabut tipis inilah yang membuat tempat wisata ini sebagai desa atau kampung di atas awan. Yang tak kalah menakjubkan jika Anda wisata ke Wae Rebo adalah keindahan saat malam hari turun dan langitnya ditaburi oleh gemerlap bintang-bintang. Fenomena milky way ini menjadi keajaiban alam yang akan Anda dapatkan di Wae Rebo.

  1. Wisata Budaya

Keindahan alam yang ada di Wae Rebo juga harmonis dan selaras dengan penduduk yang tinggal di sana. Kehidupan penduduk Desa Wae Rebo bisa menjadi pengalaman unik dan menarik bagi Anda. Sebab banyak tradisi dan adat di kalangan masyarakat setempat yang mungkin belum pernah Anda saksikan sebelumnya. Perlu Anda ketahui, desa ini dianggap kecil karena hanya terdiri dari tujuh rumah adat. Rumah-rumah yang berbentuk kerucut itu pun kian mempercantik kawasan wisata di Wae Rebo. Hebatnya, keadaan rumah-rumah adat yang memiliki nama mbaru niang itu telah mampu bertahan selama 19 generasi.

 

Di sisi lain, apabila Anda memutuskan untuk wisata ke Wae Rebo, Anda akan menjumpai masyarakat setempat yang ramah dan hangat. Pengalaman itu pun tentu akan menjadi momen berharga bagi Anda. Oleh sebab itu pula, kini banyak layanan jasa tour pariwisata yang menawarkan Wae Rebo trip. Melalui kegiatan trip tersebut Anda bisa merasakan menjadi bagian dari masyarakat Desa Wae Rebo untuk beberapa hari.

 

  1. Wisata Adventure

Ragam wisata selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah adventure (petualangan). Pengalaman itu bisa Anda dapatkan dengan mudah sebab banyak jasa layanan tour yang menawarkan paket wisata ke Wae Rebo. Pengalaman adventure itu pun bisa Anda lakukan dengan mengikuti Wae Rebo tour. Dengan menggunakan paket wisata Wae Rebo tour Anda akan diajak berpetualang menyusuri pegunungan menuju ke Desa Wae Rebo. Wisata adventure ini pun tentunya akan menjadi pengalaman baru yang seru untuk Anda. Yang perlu diperhatikan adalah ketahanan fisik serta keberanian untuk melakukan petualangan. Anda pun dijamin tak akan menyesal melakukan wisata adventure di Wae Rebo karena hamparan pemandangan yang indah sepadan dengan usaha untuk menuju ke desa tersebut.

Hal Yang Perlu Disiapkan untuk Memulai Aktivitas Wisata di Wae Rebo

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Desa Wae Rebo banyak menawarkan ragam wisata yang bisa Anda nikmati. Mulai dari alam hingga budaya. Pengalaman-pengalaman seru itu sangat mungkin Anda rasakan sebab kini banyak paket wisata Wae Rebo yang diberikan oleh berbagai layanan jasa pariwisata. Anda hanya tinggal memilih paket mana yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Memilih paket wisata yang baik dan benar tentunya akan memudahkan perjalanan Anda kelak. Dengan membuat perencanaan yang matang, Anda tidak akan mengalami kebingungan terkait kegiatan wisata apa yang akan dilakukan. Serta, memberi Anda gambaran estimasi biaya ke Wae Rebo. Ulasan berikut ini sekiranya bisa memberi Anda daftar rencana yang perlu disiapkan sebelum berwisata ke Wae Rebo.

  1. Pemilihan Paket Perjalanan

Hal pertama yang sebaiknya Anda pastikan sebelum melakukan wisata ke Wae Rebo adalah paket perjalanan. Banyak paket Wae Rebo tour yang ditawarkan oleh jasa layanan pariwisata. Nah, jenis liburan apakah yang Anda inginkan? Jika Anda ingin pergi sendiri namun tak ingin berat di ongkos maka tak perlu pusing. Beberapa jasa layanan pariwisata menawarkan program open trip Wae Rebo. Program ini merupakan paket wisata gabungan yang bisa Anda gunakan. Atau Anda bisa juga menggunakan paket wisata lain jika Anda berencana pergi dengan rombongan teman-teman dan keluarga.

 

  1. Biaya Wisata

Rencana selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yakni terkait kemampuan finansial. Anda bisa mencari paket wisata dengan biaya rendah. Biasanya biaya ke Wae Rebo tergantung pada destinasi yang Anda tuju serta akomodasi yang Anda gunakan. Kendati demikian, ada beberapa solusi yang mampu biaya perjalanan Anda. Salah satunya yakni dengan mengikuti open trip. Dengan bergabung bersama rombongan lain, biaya yang Anda keluarkan akan semakin kecil. Beberapa paket tour ke Wae Rebo tak jarang pula memfasilitasi adanya promo. Biasanya dengan syarat tertentu Anda tetap bisa menikmati wisata ke Wae Rebo dengan harga terjangkau.

 

  1. Transportasi yang Digunakan

Akomodasi kendaraan untuk menempuh Desa Wae Rebo juga harus menjadi pertimbangan. Sebab untuk bisa mengakses desa tersebut Anda perlu sedikit usaha dan kesabaran. Umumnya para pelancong menuju ke Desa Wae Rebo melalui Desa Denge. Itu adalah desa terakhir yang digunakan untuk pergi ke Wae Rebo. Namun ada pula yang mengaksesnya melalui Ruteng. Kedua daerah itu biasanya menjadi tempat transit para pelancong dari sebelum melanjutkan perjalanan ke Wae Rebo.

 

Atau, bisa juga transit di Desa Denge setelah melakukan perjalanan dari Labuan Bajo. Sebab, apabila langsung menempuh jarak Wae Rebo-Labuan Bajo, waktu yang dibutuhkan bisa berjam-jam, kira-kira mencapai delapan jam. Sementara itu, jika perjalanan dimulai dari Ruteng misalnya, butuh waktu sekitar dua jam agar bisa tiba di Desa Denge. Beberapa kendaraan pun bisa Anda gunakan untuk menempuh Desa Denge. Seperti mobil travel, mobil biasa, motor, hingga truk kayu.

  1. Kondisi Fisik untuk Trekking

Nah, dari Desa Denge itulah Anda harus trekking ke Wae Rebo. Wae Rebo trekking ini pun akan menjadi pengalaman menarik tersendiri untuk Anda. Dengan menempuh perjalanan pendakian (trekking) selama empat jam, kondisi fisik Anda pun harus sehat dan prima. Oleh sebab itu, menjaga kondisi fisik perlu dilakukan sebelum melakukan pendakian. Anda pun tak perlu khawatir, sebab setiap jasa layanan pariwisata siap menjamin aktivitas Wae Rebo trekking untuk Anda.

Apakah Anda semakin tertarik untuk melakukan aktivitas berlibur ke Wae Rebo? Jika iya, maka pastikan segala sesuatunya sudah Anda persiapkan. Baik pemilihan destinasi, paket wisata yang diinginkan, biaya ke Wae Rebo, hingga kondisi kesehatan fisik.

anjanitrip

View All Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi via WhatsApp